Wednesday, April 28, 2010

Cupcake Chiffon Strawberry

ceritanya pengen ikutan chiffon week, resep pertama nyoba gagal, karena ke gosongan (buat nya chiffon keju) nah yg ini mendingan hi3
Dari kemarin sebenernya pengen buat chiffon melon, tapi kok nyari melon dan nutrisari melon kok ngga ketemu hi3
Akhirnya cari2 eh ada strawberry ya udah sikaaaaaaattttt
Nah resepnya juga memberdayakan putih telur yg nggangur di frezzer, akhirnya jadilah chiffon strawberry, bonusnya cupcake chiffon strawberry...
Oh yah untuk yg cupcake, di isi selai strawberry ternyata jadi juga dan ueeeennnaaakkk :) malah aku lebih suka sama yg cupcakenya :)

fitri - fjmoms

berikut resepnya yah :)

Chiffon Strawberry Cupcake (aslinya chiffon pandan kenari)

Sumber : Tabloid Saji

Bahan :

-          150 gram tepung terigu protein rendah

-          ½ sdt baking powder

-          100 gram minyak goreng

-          100 gram santan kental instant + 50 ml air suji (ganti dengan susu uht rasa strawberry +50gram strawberry di blender, ukur sampai 150ml)

-          tetes pewarna hijau muda (pake pewarna pink 2tetes + 2 sendok strawberry jam)

-          300 gram putih telur

-          1 sdt cream of tartar

-          ½ sdt garam

-          125 gram gula pasir

-          15 gram kenari untuk taburan  (ga pakai)

 

Cara Membuat :

1.                 Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan

2.                 Campur minyak goreng, susu strawberry + strawberry jam. Aduk rata

3.                 Tuang sedikit sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata, sisihkan.

4.                 Kocok putih telur, cream of tartar dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.

5.                 Tuang sedikit sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan.

6.                 Tuang di loyang chiffon, tabur keju parut ---aku pake loyang chiffon 20 + 7 loyang cupcake satuan.

7.                 Oven 60 menit dengan api bawah suhu 170 derajat sampai matang (aku pakai 150° selama 80menit ternyata agak gosong, mungkin harusnya 60menit aja + suhu tinggi 10menit, kalau cupcake cukup 40menit)

8.                 Segera tangkupkan di atas botol dan biarkan dingin.



No comments:

Post a Comment