Monday, August 24, 2009

Roti Isi


Hip Hip Horeeeee
Akhirnya berhasil juga membuat roti empuk menul2, setelah memecahkan 2baskom hahahahaha, akhirnya berhasil berhasil horeeee
Kemarin hari sabtu, pulang kantor jam setengah satu, dan sampe rumah setengah dua an gitu deh…
Kemarin dapet masukan dari Mba Archita, pake mixer Philips yang standing bisa buat roti, almost satu kilo juga bisa…tapi dibagi2 jadi beberapa bagian…
Nah berbekal pede bisa bikin pake mixer Philips tsb…
Akhirnya aku nyoba deh…
Nah aku nyoba 1/4kg dulu deh…
Resepnya pake resep Roti Keju nya Bu FB
Ampun deh kalo bikin roti kok kayanya perjuangan banget sih yah…
Pertama2 nimbang terigu 1/4kg, fermipan 1bks aku bagi 2 – cuman 1/4kg terigu gitu loh – terus aku timbang gula 50gr, aku masukin semua ke kom, trus aku pecahin 4butir telur yang seharus nya cuman 2, masukin bread improver ½ sdt, trus aku ulenin, aku tuang susu sbg ganti air dingin, susunya mau aku tuang 200ml, pas inget2 ya amplop, ini kan ½ resep, berarti susunya cuman 100ml, ya udah karena udah terlanjur nuang 150ml lebih, aku tambahin terigunya,ga jadi pake mixer karena adonannya blenyek, aku masukin metega dengan takaran 50gr, dan garam ½ sdt, udah gitu karena feeling ku masih blenyek, aku tambahin terigu, eh kok malah kering yah, aku tambahin deh susunya dikit, lho tambah blenyek, tambahin deh mentega, tambahin lagi tepung, tambahin lagi susu dikit, akhirnya pas dapet feel yang pas, dan pas aku coba2 tarik dengan tangan udah ngga pecah, yo wis, aku proofing 20menitan, lupa aku langsung bulet2in 40gr trus aku isi, trus diemin lagi 10menitan terus aku panggang deh…
Papi akhirnya bantuin manggang abis aku udah capek geblokin itu adonan, aku geblokin sampe kom ku pecah 2 hahaha…
Akhirnya berhasil juga roti isi nya…
Aku isi in meses, kismis & keju+butter…
Pas mertua kerumah, bliau tanya ini apaan? Roti ma, mateng kok :D hihihi secara selama ini kalo bikin roti keluar oven empuk, besokannya bisa buat nimpuk org…

Ini resep yang aku ambil dari milis tercinta NCC….

ROTI KEJU
Penulis: Fatmah Bahalwan


Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula
11 grs ragi instan
1/2 sdt bread improver
4 btr kuning telor
200 ml air Es
Bahan B:
100 gr mentega/margarine
5 gr garam
Bahan C:
100 gr keju cheddar parut
100 gr mentega
Cara membuat:
- Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
- Kempiskan adonan, potong timbang 40 gr, bulatkan. Istirahatkan 10 menit.
- Aduk rata bahan C.
- Ambil satu bulatan adonan, beri isi bahan C, bentuk lonjong. Lakukan untuk semua bulatan.
- Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180C hingga terlihat keemasan. Angkat.

2 comments: