Thursday, August 20, 2009

Brokus Keju & Amris NCC

Hai, hai, hai :D

Baru pulang dari cirebon lhooooo, kemarin pulang dalam rangka udah lama ngga menghirup udara cirebon ;p
Kangen juga sama suasana cirebon yang siang panas dan malam yang dingin, maklum deket laut :)
Nah kemarin sebagai oleh2 buat uwong ning cirebon, nah aku buat sesuatu deh :D
Yang akhirnya buat brokus keju ala Radin Cake, dan Amris NCC
Tapi sayang serebu sayang, aku ga sempet poto2an ama brokus n amrisnya, abis selesainya juga malem sihhh

Nah ini aku share resepnya yah….


Resep brokus ini, berseliweran di milis NCC beberapa hari ini, dan akhirnya aku berniat untuk mencobanya juga…
Sayang, karena udah malem dan aku sendirian di rumah cuma bareng Fidel yang lagi bobo di kamer, udah gitu aku kehabisan telur, dan cuman sisa 2buah telor, akhirnya dengan niat aku bikin juga brokus ini…
Rasanya jangan tanya, uenakkk rek…sesuai dengan testimony anggota milis yang udah pada nyoba buat :)

Brokus Keju Ala Radin Cake
By Nia Kurniasih

Bahan :

Bahan A
2 butir kuning telur (karena telornya abis aku ngga pake ;p)
2 butir telur utuh
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdm emulsifier
1/2 sdt garam
Bahan B - aduk rata
75 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder
Bahan C - lelehkan
25 gram butter
85 mL minyak sayur
Bahan D
50 gram keju, potong dadu
Loyang: ukuran 30 x 10 x 4 cm - oles minyak atau carlo, alasi dengan kertas roti
Cara:
Panaskan kukusan.
Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
Ayakkan Bahan B ke Bahan A.
Taburkan Bahan D, lalu aduk rata.
Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata.
Tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yang telah berasap.
Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama kurang lebih 40-45 menit.
Setelah matang, oles dengan mentega kocok, parutkan keju di atasnya.

Amris NCC

Ini juga resep yang bikin aku penasaran…
Yang pertama aku bikin risoles isi kornet, macaroni dan keju…enak, tapi kurang maknyus…meskipun kata anak2 kantor enak, tapi aku pengen nyoba si amris ini…
Akhirnya berbekal resep yang udah aku simpen, aku coba bikin buat wong cirebon hehehehe
Dan mama bilang, enakkkkkkkk
Hihihi berhasil juga dong :)

Ini resepnya
Amris – NCC
By Fatmah Bahalawan

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam, 3 btr telur
250 ml susu cair (aku pake 100ml susu + 150ml air)
1 sdm mentega, lelehkan
margarine untuk olesan
Cara membuat:
Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam.
Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.
Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm (aku potongnya kegedean : 3x4 hehehehe)
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus(potong kecil)
1 butir telur (kocok lepas) (aku pake putih telornya aja)
250 gr tepung panir
1/2 Kg minyak goreng
Penyelesaian :
Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.
Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
Goreng hingga kuning kecoklatan
Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

Nah selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment